TAG

Tips Foto Asyik Saat Mudik

Sedang berada di kampung halaman? Berikut beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto yang apik di saat mudik!

Senin, 20 Juli 2015 | 09:34 WIB

Shutterstock Ilustrasi mudik melalui jalan bebas hambatan perlu melakukan beberapa persiapan

NEXTREN - Mudik adalah waktunya berkumpul dengan keluarga. Ada pula kesempatan jalan-jalan atau melihat obyek wisata di kampung halaman. Tentu, di saat-saat seperti ini kamu akan menemui banyak kesempatan untuk menjepret foto yang berkesan.

Bagaimana caranya supaya bisa menghasilkan foto yang apik?  Komunitas foto The Cooperative of Photography (COOPH) belum lama ini membagikan beberapa tip singkat untuk mencapai hal tersebut.

Memang, contoh lokasi yang diberikan sedikit berbeda dari suasana mudik. Akan tetapi, Nextren yakin kamu bisa juga mengaplikasikan tip yang diberikan itu.

Berikut beberapa tips yang dirangkum Nextren dari video tersebut. Selengkapnya bisa kamu lihat dalam tayangan di akhir tulisan ini.

1. Persiapan, buat kamera kamu "berantakan"

Orang dalam video menempelkan beberapa selotip ke bagian tubuh kamera supaya perangkat tersebut terlihat usang. Tujuannya? Supaya copet yang berkeliaran tidak tertarik untuk mencuri kamera kita!

Persiapan lainnya, bisa juga mengambil foto identitas kamu. Jika kamera hilang dan ditemukan di tangan orang baik-baik, si penemu bisa melihat galeri dan menemukan informasi mengenai pemilik di bagian tersebut.

Dengan kamera "jelek" yang tak menarik perhatian dan lebih kecil kemungkinannya untuk dibawa kabur maling, kamu pun bisa lebih pede menenteng kamera serta mengabadikan momen-momen menarik.

2. Gunakan Tali Panjat Gunung

Karena digunakan untuk menopang tubuh saat memanjat gunung, tali seperti ini ternyata cocok juga digunakan sebagai hand-strap. Tali tersebut bisa menahan kamera supaya tak mencium lantai, apabila secara tidak sengaja tergelincir dari tangan.

Tali ini pun bisa kamu pasangkat ke tripod. Fungsinya, sebagai penahan agar tripod tidak tergelincir saat kamu sedang berusaha menggapai angle yang sangat sulit.

3. Mulai mengambil foto, lempar kamera kamu

Setelah persiapan selesai, mulailah mengambil foto. Saran terbaik adalah dengan mengambil angle kamera yang bagus.

Jika kamu punya kamera tangguh macam GoPro, silahkan coba tip berikut ini. COOPH memberikan saran untuk melempar kamera ke udara dalam mode merekam video. Hasilnya, angle foto yang tidak biasa, tapi sangat bagus.

Cukup riskan apabila kamu tidak bisa menangkap kembali kamera. Tetapi, dengan kekuatan tubuh yang dimiliki GoPro, seharusnya perangkat tidak akan rusak apabila gagal tertangkap, asalkan ketinggian jatuh tak terlalu ekstrim.

Perlu dicatat bahwa cara ini tidak disarankan untuk dicoba dengan kamera DSLR atau ponsel.

4. Tempelkan atau taruh kamera di tempat tidak biasa

Dalam contoh yang diberikan, COOPH menempelkan kamera GoPro di dayung seorang pendayung kapal. Hasil fotonya sungguh luar biasa.

Nah, kamu bisa juga mengaplikasikannya dengan menempelkan kamera di depan dashboard mobil. Bisa juga ditempelkan di bagian spion. Namun, jangan lupa untuk diambil kembali.

5. Bangun lebih pagi

Bangunlah lebih dini di pagi hari untuk mengambil foto saat matahari baru terbit. Pencahayaan di momen itu bisa membuat foto kamu tampak lebih dramatis.

Tidak hanya dalam perjalanan, tip yang satu ini juga bisa diaplikasikan saat kamu sudah tiba di daerah tujuan.

6. Tunggu momen yang tepat

Kamu harus lebih peka pada segala momen dan lingkungan. Karena segala sesuatu yang ada di sekitar kamu bisa dijadikan frame dan "aksesoris" foto yang indah.

Sebagai contoh, kamu bisa menjadikan dua pohon besar yang sejajar mengapit sebuah gunung. Dua pohon tersebut menjadi framenya dan gunung tersebut menjadi objeknya.

Selamat mencoba!

Penulis: Deliusno
Editor: Oik Yusuf

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

COMMENTS
BERITA LAINNYA
Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ini Desain Kostum Baru

Ini Desain Kostum Baru "Power Rangers"

Tren, Senin, 9 Mei 2016 | 15:29 WIB

Kostum baru Power Rangers beredar di internet. Seperti apa?

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB