TAG

Pergerakan Bulan Bisa Terekam oleh Kamera DSLR

Kamera tipe super-zoom Nikon P900 ternyata bisa dipakai merekam permukaan bulan dengan detail berkat lensa zoom "83x" yang dimilikinya.

Senin, 6 Juli 2015 | 15:03 WIB

Lothar Lenz/ YouTube Potongan video permukan bulan yang direkam oleh Lothar Lenz dengan kamera Nikon P900

Seberapa jauh jangkauan lensa zoom optik 83 kali yang dimiliki kamera DSLR Nikon P900? Ternyata cukup untuk “membawa” pemiliknya mendekati bulan.

Seorang pengguna P900 asal Jerman bernama Lothar Lenz menguji kemampuan kamera tipe super zoom ini dengan cara merekam video bulan.

Hasilnya cukup membikin berdecak kagum karena P900 mampu menampilkan bulan dengan detil, termasuk beragam bentuk kawah meteor di permukaannya, seperti bisa disimak di bawah. Gerakan perlahan bulan mengorbit bumi pun terlihat.



Informasi yang dihimpun Nextren dari Digital Trends (3/7/2015) menyebutkan bahwa video bulan hasil rekaman Lenz memiliki tingkat zoom 166x.

Artinya dia turut memanfaatkan fasilitas digital zoom pada P900 untuk mendekatkan gambar lebih jauh ke bulan. Gambarnya sedikit bergoyang dan buram karena tingkat zoom yang sangat jauh itu.

Pada akhir video, Lenz melakukan zoom out sehingga penonton “seolah” kembali ke bumi.

Nikon Kamera Nikon P900


Super-zoom adalah jenis kamera saku bergaya DSLR yang dibekali lensa dengan rentang focal length luas dan sering disebut “prosumer” atau “bridge camera”.

Di antara tipe kamera ini, Nikon P900 yang di Indonesia dijual seharga Rp 6,3 juta termasuk salah satu model yang menawarkan jangkauan zoom terjauh, setara 24-2000mm (ekuivalen full-frame.).

Bicara soal bulan, fotografer amatir Dylan O’Donnel baru-baru ini berhasil menangkap gambar stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) terbang melintasi bulan dalam orbitnya mengelilingi bumi.

O’Donnel memakai kamera Canon EOS 70D yang dipasangi teleskop Celestron 9,25 inci dengan focal length setara 2300 mm f/10 (ekuivalen full-frame).

Dia mengambil foto dengan mode burst karena ISS hanya melintasi bulan dalam waktu sangat singkat, yakni 0,3 detik saja. Hasil jepretannya bisa dilhat di bawah.

Dylan O’Donnel Foro ISS melintasi bulan, jepretan Dylan O’Donnel
Penulis: Oik Yusuf
Editor: Reza Wahyudi

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB