TAG

Tips Memakai Kamera Ponsel dari Arbain Rambey

Pilihan memotret menggunakan ponsel atau kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) seringkali membuat galau. Padahal, yang manapun pilihannya, hasil potret tetap bisa bagus, bahkan sama.

Selasa, 14 April 2015 | 15:29 WIB

Oik Yusuf/ Kompas.com
Aneka mode pengambilan gambar yang tersedia pada aplikasi kamera Galaxy S6
JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan memotret menggunakan ponsel atau kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) seringkali membuat galau. Padahal, yang manapun pilihannya, hasil potret tetap bisa bagus, bahkan sama.

Tentu bukan berarti asal memotret menggunakan kamera ponsel bisa memberi hasil yang baik. Ada syarat-syarat yang harus diperhatikan bila ingin mencoba membuat foto yang bagus menggunakan kamera perangkat genggam.

Sebelum memotret, pengguna mesti paham di mana kelebihan dan kekurangan kamera ponsel miliknya. Pasalnya, masing-masing produsen ponsel menyematkan kamera yang berbeda.

"Memotret dengan handphone mesti tahu batas kemampuannya. Misalnya, karena handphone itu lambat maka gunakan untuk memotret objek yang tidak bergerak," pesan fotografer Arbain Rambey.

Soal kemampuan kamera ponsel, Arbain menceritakan bahwa saat ini ada sejumlah ponsel yang sudah memiliki fitur canggih. Misalnya fitur optical zoom pada K-Zoom buatan Samsung atau ZenFone buatan Asus.

"Seperti pada Samsung K-Zoom ini. Cuma ini lensanya sekarang kan masih menonjol keluar. Selain itu, saya juga pernah lihat Asus Zenfone di MWC (Mobile World Congress) yang ketika dibongkar ternyata sudah menggunakan optical zoom," terangnya.

Setelah mengetahui kemampuan kamera handphone yang digunakan, pengguna mesti menemukan timing yang tepat untuk memotret. Penyebabnya karena ada waktu-waktu tertentu yang membuat kondisi pencahayaan lebih baik untuk pemotretan.

"Kebanyakan orang ribet dengan teknis, padahal itu cuma 3 persen saja. Masih ada lagi yang penting yaitu soal timing," pesannya.

Timing yang pas biasanya ada saat pagi hari atau sore hari. Sementara memotret di siang hari cenderung dihindari karena di Indonesia, Matahari cenderung tegak lurus dan membuat bayangan menutupi wajah objek pemotretian.

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kondisi lensa kamera ponsel sebelum memotret. Pasalnya, bagian ini seringkali tanpa sadar tersentuh tangan dan jadi tertutup minyak. Apalagi bila yang akan digunakan kamera depan, seringkali bagian ini terkena minyak.

"Waktu motret pakai handphone
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Reza Wahyudi

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

COMMENTS
BERITA LAINNYA
Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tali Smartwatch Android Bisa Digonta-ganti dengan Mudah-Scheduler

Tren, Senin, 31 Juli 2017 | 00:00 WIB

Google Mode adalah sabuk untuk arloji pintar Android Wear yang dirancang supaya mudah dibongkar-pasang. Sabuk pun bisa diganti-ganti dengan dengan cep

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Game Buatan Indonesia Ini Laris di iOS dan Android

Tren, Rabu, 18 Mei 2016 | 15:05 WIB

Game Warung Chain buatan studio Touchten mencapai peringkat atas di toko aplikasi iOS. Selain itu, game ini juga laris manis di Android.

Hyundai Bikin

Hyundai Bikin "Baju Iron Man" Sungguhan

Tren, Minggu, 15 Mei 2016 | 16:54 WIB

Hyundai membuat baju ala Iron Man. Untuk apa?

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Android Baru Asus Ini Dilengkapi TV Tuner

Gadget, Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:46 WIB

Smartphone baru Asus ini berusaha tampil beda. Ia dilengkapi dengan fitur yang dijamin bisa membuat penggunanya nonton siaran televisi lokal di mana saja.

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Fuze Tomahawk F1, Konsol Campuran PS4 dan XBox One

Gadget, Kamis, 12 Mei 2016 | 17:55 WIB

Fuze merilis sebuah konsol baru bernama Tomahawk F1. Uniknya, konsol tersebut ternyata merupakan gabungan dua produk terpopuler saat ini, yakni Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft XBox One.

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Xiaomi Resmi Rilis Mi Max, Punya Layar Berukuran Jumbo

Gadget, Rabu, 11 Mei 2016 | 12:30 WIB

Xiaomi resmi merilis Mi Mas, smartphone Android bertubuh bongsor. Selain ukuran layarnya yang besar, produk ini juga punya baterai jumbo.

Ingin Bangun Ruang "Gaming" di Rumah? Ini Tipsnya

Tren, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:01 WIB

Ini 10 Aplikasi Penguras Baterai Android

Tren, Rabu, 28 Oktober 2015 | 11:17 WIB